Save The Rohingya

Di sebuah pagi, saya dengan sangat tumbennya membuka koran langganan ibu saya di rumah. Headline berita yang cukup menarik di tambah gambar yang terjadi membuat saya larut dalam tulisan dalam koran tersebut.. Before read those article, i never knew about the place called Rohingya in Myanmar. Saya gak pernah tau kalo disana, di Rohingya, ratusan ribu bahkan jutaan umat muslim tertindas oleh pemerintahan Myanmar. Yes, they’re suffering so much!

Fakta menunjukkan bahwa Pemerintah Myanmar sejak dulu tidak segan-segan membantai kaum Muslim di Rohingya dan menganggap mereka bukanlah warga negara Myanmar. Ratusan ribu orang mengungsi, hanya sebagian pengungsi yang diterima di Bangladesh, sisanya? Mereka mencari perlindungan ke Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Kenapa baru sekarang kasus ini terungkap? Ya, karena memang OKI (Organisasi Konferensi Islam) baru menaruh perhatiannya kepada kaum Muslim Rohingya sejak tahun 2011.

Sejak tahun 1982, Undang-Undang Myanmar tidak mengakui Muslim Rohingya sebagai warga negaranya. Jika Muslim Rohingya ingin bepergian, mereka harus membawa surat keterangan yang akan diserahkan kepada Junta Militer. Muslim Rohingya yang ingin diakui sebagai warga negara Myanmar harus mau tidak mau menggunakan “Budha” sebagai agama mereka di kartu identitas. Tidak ada pendidikan untuk Muslim Rohingya. Setiap bayi yang lahir tidak mendapatkan akta kelahiran, ya kembali lagi, bagi mereka yang ingin diakui sebagai warga negara Myanmar, mereka harus mau tidak mau mencantumkan Budha sebagai agama mereka. Pemerintah Myanmar pun dengan sengaja memberikan Kartu Penduduk Khusus bagi Muslim Rohingya yang tujuannya untuk membedakan kelas masyarakat dengan yang lain, termasuk perbedaan dalam pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.

Populasi Muslim di Rohingya kini tercatat sekitar 4% atau sekitar 1,7 juta jiwa dari jumlah warga negara Myanmar yang berjumlah 42,7 juta jiwa. Jumlah ini mengalami penurunan drastis karena pada tahun 1997, populasi Muslim di Rohingya mencapai 7juta jiwa. Kemanakah kaum muslim Rohingya? Sekitar 800ribu kaum Muslim Rohingya mengungsi, kebanyakan dari mereka mengungsi ke Bangladesh, namun hanya sekitar 300ribu pengungsi saja yang mampu diterima oleh Bangladesh. Sisanya? Mereka tersebar ke Thailand, Malaysia, Indonesia, dll. Lalu bagaimana dengan yang lain? Ya, mereka (mungkin) ada dalam daftar kaum Muslim Rohingya yang di bantai oleh pemerintah Myanmar, karena sejak 1978, Militer Myanmar melakukan Operasi Khusus yang bertujuan untuk mengusir kaum Muslim ROhingya, dan tidak segan menggunakan kekerasan untuk mengusirnya.

Bagi saya yang juga umat Muslim, ini sesuatu yang sangat mengiris hati saya… Telah terjadi pelanggaran HAM di sebuah negara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia, dan kita, saya bahkan tidak tahu mengenai hal tersebut. Dunia harus tau, PBB seharusnya sebagai organisasi perdamaian antar bangsa melakukan sesuatu untuk menyelamatkan yang tersisa di Rohingya, juga menghukum Pemerintah Myanmar yang telah melanggar hak asasi seseorang untuk hidup dan memeluk sebuah agama…

Kalau bukan kita umat muslim, siapa lagi yang bisa membantu mereka?

Save the Rohingya… 😀

Salam,
nhanhas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s