b.e.r.u.b.a.h

seseorang pernah berkata, “orang pasti berubah setiap harinya, karena mereka telah belajar sesuatu di hari sebelumnya”. tapi yang lebih sering terdengar adalah “kamu berubah” atau “aku rindu kamu yang dahulu”. and i wonder why people keep asking us to change, when they dont even mean it…

buat gw, sebagai sesosok manusia yang belajar menjadi seseorang yang lebih baik, berubah itu adalah sesuatu yang harus terus gw lakukan. kenapa? ya karena kalo gw yang hari ini masih sama seperti hari yang kemarin, gw semacam hanya berkubang dalam genangan kenyamanan yang tidak bisa memaksa gw untuk jadi sesuatu yang baik. berubah itu alami. tidak seharusnya dipaksakan. tapi berubah itu bisa dari mendengarkan, berbincang, dan menarik sebuah kesimpulan dari apa yang terjadi dalam kehidupan. berubah itu harus dengan tujuan yang baik.

gw sering mendengar seorang teman bilang “eh si anu berubah” atau “kamu jangan berubah ya”. dulu, dulu banget, gw juga pernah bilang begitu, tapi terus gw menyadari. berubah itu kebutuhan mendasar seorang manusia, apalagi kalo tujuan akhirnya adalah menjadi pribadi yang baik. tiap harinya gw belajar dari apa yang gw alami, dan gw selalu mengatakan “besok harus lebih baik lagi ya”, and as simple as that, orang bisa langsung menjudge kita “berubah”. lantas kalo kita gak bisa belajar dari pengalaman sebelumnya dan tidak bisa merubah apa yang salah kemarin menjadi lebih baik hari ini, orang akan bilang “kamu tuh ya, gak bisa berubah, gak bisa ngambil pelajaran yang kemarin-kemarin”.

berubah atau gak, itu pilihan masing-masing individu sebenernya. untuk berubah, berarti untuk keluar dari zona nyaman. kebanyakan orang merasa zona nyaman adalah tempat paling aman, tapi percayalah, zona nyaman adalah tempat yang mematikan. mematikan pikiranmu, hatimu, kreativitasmu, karirmu, dll. keluar dari cangkang bernama zona nyaman itu juga ga segampang kita keluar masuk mall karena bosan, tapi seandainya kita perlahan keluar dari zona nyaman dengan melakukan sedikit demi sedikit perubahan di setiap harinya, then one day (pretty sure) kita bakal sadar kalo ternyata perubahan-perubahan yang kita lakukan telah membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

 

jika kamu rindu aku yang dahulu, maaf, aku bukan aku yang kemarin, karena hari ini aku ingin lebih baik dari kemarin. dan besok, aku ingin menjadi lebih baik dari hari ini. jika kamu rindu aku yang dahulu, maaf… sesungguhnya aku tetaplah aku, kenyataan saja yang perlahan berubah, mengubahku menjadi pribadi yang lebih baik. jika kamu rindu aku yang dahulu, maaf… aku yang dahulu hanya berada dalam kenanganmu, karena aku yang sekarang mungkin saja akan menjadi masa depanmu…

 

cheers!
nina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s