catatan kecil: rumah Allah

Berada ribuan kilometer dari rumah, jauh dari zona nyaman saya, jauh dari orang-orang yang saya sayangi, jauh dari hal-hal yang saya senangi, tapi betapa kuasa Allah telah membawa saya kesini, saat orang-orang lain ingin sekali kesini. Saya bersyukur.

Berat awalnya meninggalkan kehidupan duniawi ini. Hari pertama tiba, saya menangis sendirian di kamar mandi. Saya ucapkan dalam hati, ya Allah ini rumahMu, aku menjadi tamuMu, tak bisa kuingkari kuasaMu, maka ringankanlah langkahku, ringankanlah hatiku, dekatkanlah aku padamu, hindarilah aku dari segala perasaan yang mampu melemahkanku, karena sesungguhnya Engkau zat yang maha membolak-balikkan hatiku.

Allah maha baik. Menyayangi umatNya melebih yang mampu kita sadari dan rasakan. Maka mulai detik itu, dada terasa ringan, nafas kembali lega, segalanya mulai terasa jauh lebih nikmat. Menyerahkan segalanya kepada Allah adalah satu-satunya hal yang bisa saya lakukan, karena tak ada daya upaya yang mampu menandingi kehendakNya.

Hari ini, saya duduk sendiri, menunggu orang-orang selesai solat jumat (saya sedang berhalangan). Tiba-tiba hati saya bergetar. Betapa indahnya pemandangan ini. Jutaan orang hadir. Berbeda bahasa, berbeda budaya, berbeda latar belakang. Satu tujuan mulia mereka, menunaikan Ibadah Haji, memuliakan Allah SWT. Keindahan ini saya nikmati sendirian dalam lamunan, sesungguhnya Allah sangat menyayangi kita, manusia. Jutaan orang menangis memandang ka’bah. Jutaan orang berusaha solat 5 waktu dalam Masjidil Haram. Jutaan orang dengan sepenuh hati mencintai Allah dan menyerahkan segalanya kepada Allah. Karena mereka tau, hidup mereka adalah untuk akhirat kelak…

Teringat ucapan seorang sahabat. Seperti saat kita mulai mencintai pasangan kita, maka perhatian kita akan semakin bertambah. Seperti itu pula saat kita mulai mencintai Allah, iman dan takwa kita semakin bertambah. Dan saat kita mencintai Allah sepenuh hati, maka Allah pun semakin mencintai kita sepenuh hati… Masha Allah..
Mekah, 26 September 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s