Dihantui Nomophobia

Saya punya banyak phobia. Salah satunya entomophobia atau phobia terhadap serangga, khususnya belalang. Saya lupa apa yang menyebabkan saya takut sama belalang, tapi sepertinya ada pengalaman buruk waktu kecil dulu bersama si belalang. Hehehe. Ngeliat belalang dari jauh aja saya udah stress, apalagi deket. Pernah dulu dikerjain salah seorang teman, mereka pura-pura kasih saya kado, dan isi di dalem kotak adalah… yes. Belalang. Begitu lihat, jelas saya kaget, dan tanpa disadari saya nangis. Dari situ kemudian teman-teman saya sadar kalo ketakutan saya akan belalang itu bukan untuk bercandaan.

Salah satu phobia yang baru saya sadari akhir-akhir ini adalah Nomophobia. Apa itu Nomophobia? Ini saya quote dari salah satu sumber ya 🙂

Nomophobia adalah sebuah penyimpangan psikis yang dipengaruhi oleh ketergantungan seseorang terhadap gadget. Nomophobia sendiri merupakan sebuah singkatan yang berasal dari bahasa inggris, yaitu No Mobilephone Phobia, yang mempunyai arti sebuah kecemasan berlebih yang dirasakan oleh seseorang karena terpisah dari gadget yang dia miliki. 70% perempuan pengguna ponsel pintar akan merasa cemas jika jauh dari gadgetnya, sedangkan 61% laki-laki mengalami hal yang sama. (sumber: disini)

Ibu saya bilang, hape saya itu kaya dilem di telapak tangan saya. Kemana pun saya pergi, saya berusaha in touch dengan hape saya (kecuali saya memutuskan untuk matiin hape karena lagi kesel sama sesuatu). Saya juga cepet panik kalo tiba-tiba hape saya keselip, mati, atau ketinggalan. Baterai hape kurang berapa persen aja saya langsung charge… Saya baru sadar kalo hal ini sudah mulai ‘merusak’ saya. Saya jadi gampang stress, suka kurang fokus, nyetir sambil liat hape (tapi saya ga pake lazy pod gitu di mobil), mau tidur liat hape, bangun tidur liat hape, padahal harusnya mau tidur peluk-peluk suami dulu kan ya… Hehehe.

source: www.trendhunter.com
source: http://www.trendhunter.com

Dan ternyata saya gak sendirian gitu, karena menurut infographic di atas 66% populasi di dunia sudah menderita Nomophobia, tanpa disadari… Saya langsung ngerasa, waduh…

Saya sudah sadar, dan saya mau berusaha untuk mengurangi ketergantungan saya akan gadget. Bagaimana dengan anda? 😀

Advertisements

2 thoughts on “Dihantui Nomophobia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s