Untuk Bumi Tercinta

Tanggal 22 April kemarin, kita merayakan hari bumi. Saya cukup sedih karena gaungnya hari bumi ini gak begitu kedengeran, gak kaya hari kasih sayang. Halah. Bumi sebenarnya gak butuh perayaan besar-besaran, tapi bumi lebih butuh kita menyadari bahwa masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Bumi tidak butuh perayaan, dia hanya butuh aksi kita. Banyak orang belum aware akan hal-hal yang terjadi dengan bumi, apalagi belum aware akan tindak tanduk diri sendiri yang ternyata bisa merusak bumi.

Contohnya nih ya, beberapa waktu lalu Amerika melarang produk yang menggunakan Microbead di negaranya. Apa sih Microbead itu? Microbead adalah butiran halus terbuat dari plastik untuk membantu proses pembersihan kulit agar lebih maksimal. Ukurannya tergolong sangat kecil, yakni kurang dari 5 mm.  Kebanyakan ada di produk kecantikan seperti scrub, pembersih muka , dll. Kenapa Dilarang? Karena sebuah penelitian melaporkan bahwa microbead ini memasuki perariran dan memiliki kontribusi besar dalam mencemari air (lautan/danau), dan susah dibersihkan mengingat ukurannya yang sangat kecil.

Contohnya lagi nih ya, mulai bulan Maret lalu, pemerintah memulai gerakan “Diet Kantong Plastik”, dimana kalo kita belanja di supermarket/minimarket/dll, kita dikenakan biaya Rp.200,- untuk satu kantong plastik. Emang kenapa sih harus diet kantong plastik?? Karena lagi-lagi, kita belum menyadari kalo plastik itu membutuhkan waktu lama untuk diurai, selain itu tau kan kalo Jakarta banjir kebanyakan karena apa? Karena sampah, dan sebagian besar sampah orang Jakarta itu: Plastik.

Menurut Greenpeace, ada 7 hal yang bisa kita lakukan untuk planet kita tercinta ini, yaitu:

  1. Take Action for the climate
    Kalo naik mobil sendiri, kebayang gak sih polusi yang kita buat? Salah satu alasan saya gak mau nyetir mobil ke kantor adalah selain macet, saya tau saya bisa menyumbang polusi. Naik transportasi umum adalah salah satu solusi.
  2. Consume Less
    Dengan consume less, kita bisa mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam etc, which is salah satu barang/benda yang harmfull, both to the nature and ourselves.
  3. Be a picky eater
    Industri pangan sekarang kebanyakan memiliki efek yang merusak lingkungan. Limbah pabrik makanan misalnya atau limbah pestisida dari sawah/kebun makanan yang bisa merusak kualitas air atau tanah di sekitar kita. Mulai untuk bikin kebun sendiri (ini ibu & suami saya lagi sibuk mau bikin kebun kecil di samping rumah), eating less, atau start to buy and eat organic.
  4. Stand with traditional forest communities
    Baru-baru ini saya join dengan Greenpeace Indonesia untuk menyumbangkan sebagian kecil dari pendapatan saya untuk merawat hutan (terutama hutan di daerah Sumatra). Kenapa saya merasa ini perlu? Karena kebayang kalo ga ada hutan kan? Selain kita kehilangan sumber oksigen, sumber air, kita juga bakalan kehilangan anggota-anggota hutan lainnya seperti: Gajah dan Orangutan. Masa anak saya nanti cuma liat Gajah dan Orangutan di gambar?
  5. Slow down fast fashion
    Saya inget banget berbulan yang lalu saya nonton Nadia Hutagalung di TV, dan terus terang saya terinspirasi. Salah satu cara mbak Nadia dalam menjaga planet ini adalah: “jangan sering-sering beli baju (or another fashion thing)”. Well, kenapa? Karena industri tekstil misalnya, mereka menggunakan bahan kimia, limbah kimia yang ntah dibuang kemana, menghabiskan air, etc. So, “buy less, choose well, and make it last” (Vivienne Westwood, Fashion Designer)
  6. Get creative!
    Make the art that shows how you want the world to be. Karena saya gak bisa gambar, saya selalu ambil foto-foto bagus, saya simpan, saya liat-liat, supaya apa? Untuk memotivasi saya supaya lebih bisa menjaga lingkungan. That pictures show how i want the world to be. Green and blue.
  7. Believe in the power of people to make change
    Setiap dari kita punya kemampuan untuk membuat perubahan. Satu-satunya hal yang harus kita percaya adalah: KITA MAMPU! Satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah; BERUBAH!

Selamat Hari Bumi!

Advertisements

2 thoughts on “Untuk Bumi Tercinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s