Cuci Tangan itu Penting

Kegiatan wajib yang saya lakukan ketika masuk ke dalam ruangan setelah dari luar ruangan adalah cuci tangan (ditambah cuci kaki kalo masuk rumah, termasuk berkunjung ke rumah orang). Anak-anak di kantor nampaknya memperhatikan kegiatan saya satu ini, sampe ada yang nanya “mbak kan bawa mobil, tangannya gak kotor, kok cuci tangan?” Mau makan pun, meskipun pake sendok, saya selalu cuci tangan dulu. Jadi kalo dihitung-hitung dalam sehari itu saya bisa 10 kali cuci tangan (termasuk wudhu).

Kenapa sih harus cuci tangan? Karena cuci tangan itu adalah sesuatu yang penting, yang bisa membuat kita terhindar dari penyakit. Orang kena flu, kalo bersin kan dia tutup pake tangan, abis itu dia salaman atau pegang sesuatu yang kemudian di pegang orang lain, kebayang kan perpindahan kuman atau bakteri yang tanpa kita sadari terjadi di tangan kita. Keliatannya sih sepele banget ya cuci tangan itu, tapi ternyata cukup bermanfaat.

source: pinterest.com
source: pinterest.com

Kapan aja sih harus mencuci tangan?

  1. Setiap kali tangan kita kotor (setelah : memegang uang, memegang binatang, berkebun, memegang sesuatu yang berdebu/berkarat, dll).
  2. Sebelum makan dan menyupi anak.
  3. Sebelum memegang makanan.
  4. Sebelum memegang bayi.
  5. Setelah buang air besar/kecil.
  6. Setelah berada dari luar ruangan.

Manfaatnya cuci tangan?

  1. Dapat menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel di tangan.
  2. Dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel/ bersarang di tangan. Menurut Journal of Environmental Research and Public Health menyatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan lebih dari 92% kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.
  3. Dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, seperti radang tenggorokan, masalah saluran pernafasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan, tipus, cacingan, serta infeksi pada mata.
  4. Dapat mencegah terjadinya penularan penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Penularan penyakit bisa saja terjadi saat kita berinteraksi dengan seseorang yang sedang sakit. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun segera setelah berjabat tangan ataupun setelah berkunjung ke tempat seseorang yang sedang sakit.
  5. Tangan menjadi lebih bersih dan harum

 

Cuci tangan yuk, biar tambah sehat! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Cuci Tangan itu Penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s