Lebaran Sebentar Lagi

Gak kerasa ya puasa sudah mau berakhir. Lebaran udah di penghujung mata. Orang-orang udah pada mudik. Dan yang paling penting, Jakarta rada sepi (efek ke kantor cuma 20 menit).

Sedihnya mau lebaran itu adalah meninggalkan bulan ramadhan dan berbagai hal yang cuma ada di bulan ramadhan. Jadi selama satu tahun itu bulan yang paling saya tunggu ya bulan ramadhan lah. Apa aja sih yang bikin selalu kangen ramadhan, tentunya selain karena bisa memperkuat ibadah ya 🙂

  1. Makanannya
    Saya cuma makan bakwan + lontong + sambel kacang di bulan ramadhan aja. Selebihnya terasa aneh aja makan bakwan+lontong+sambel kacang kalo ga pas buka puasa. Hahaha. Terus ya, takjil favorit saya itu biji salak, dikasih bubur sumsum. Itu terasa surga banget kalo abis buka. Lagi-lagi, saya cuma makan itu pas bulan ramadhan. Biasanya sebelum puasa mulai, saya udah nge-list tuh selama bulan ramadhan mau makan apa aja. Tapi selalu berujung cuma 2 atau 3 list aja yang saya penuhi, selebihnya saya cuma makan bakwan+lontong+sambelkacang aja tiap harinya.
  2. Kumpul keluarga
    Ini berasa banget di keluarga saya. Kita kan jarang ketemu ya kalo hari-hari biasa. Makan bareng juga jarang. Saya termasuk orang yang gak makan malam dan gak makan begitu banyak nasi. Ibu saya malah gak suka makan. Sebelum puasa itu, kakak saya sekeluarga memutuskan tinggal di rumah, karena pengasuh anaknya memutuskan pulang. Jadilah ya selama bulan puasa ini kita pasti sahur bareng. Kalo buka bareng sih hampir jarang, karena saya selalu kedapetan buka di kantor atau di jalan. Bapak saya juga selalu udah nongkrong di mesjid dari 15 menit sebelum mahgrib. Jadinya cuma setiap sahur itu kita kumpul bareng, makan bareng, rumah jadi rame banget. Dan ramenya itu ya cuma berasa selama bulan puasa aja. Sisanya mah sepi banget. Huhuhu.
  3. Kumpul temen-temen
    Diantara banyak undangan buka puasa bareng, saya selalu senang untuk gabung dengan teman-teman (daripada sama klien gitu hihihi). Lima tahun ini saya agak melimitasi jadwal buka bareng saya dengan teman-teman. Biasanya sih yang dekeeettt banget, kalo gak deket-deket banget, saya agak mikir. Takutnya berujung pada ngomong si anu dan si ini. Hahaha. Dan anehnya ya, ini sahabat-sahabat saya yang biasanya susaaahhh banget ditemui, kalo diajakin buka bareng itu tiba-tiba langsung mufakat aja. Langsung setuju aja. Bahkan kadang dadakan. Coba kalo bulan lain, tiap diajakin ketemu selalu sibuk sendiri.
  4. Ngabuburit
    Ngabuburit adalah melakukan sesuatu sambil nunggu waktu berbuka. Ada yang ke mesjid, ada yang keliling jalan-jalan, ada yang cari makanan. Saya biasanya kalo ngabuburit di rumah itu selalu dihabiskan dengan mandi! Hahaha. Sambil luluran, sambil maskeran, pokoknya abis mandi udah tinggal 5 – 10 menit lagi menjelang buka deh. Sementara kalo di kantor, anak-anak suka ngajakin saya ke minimarket deket kantor. Gak beli apa-apa loh. Cuma cek-cek harga pasaran aja. Aneh ya? Hahahahaha. Tapi kayanya kalo ga puasa, ngapain juga kan ke minimarket gak beli apa-apa… >.<
  5. Beli baju lebaran
    Euphoria beli baju lebaran itu mulai terasa dari dua minggu sebelum lebaran. Jadi baru puasa dua minggu, orang udah pada berburu deh tuh. Dua minggu yang lalu saya sama kakak saya pergi ke pasar Tanah Abang untuk cari beberapa hadiah untuk orang-orang di sekitar. Padahal kita udah nyampe Tanah Abang jam 7 pagi looohhh, dengan asumsi masih sepi, ternyata saya baru dapet parkir jam 8.30 loh. Setelah muterin 3 tempat parkir di wilayah Tanah Abang. Gila kan? Kemarin pun kejadian sama saya. Saya pergi ke mall deket rumah karena mau beli buku. Keluar parkiran motor itu sampe 30 menit sendiri. Di dalam mall rame banget, cuma Toko Buku aja yang sepi. Hahaha.

 

Apalagi ya yang ngangenin dari ramadhan? Sebenernya banyak sih. Tapi yang paling ngangenin itu kayanya cuma pas ramadhan aja saya khusyuk ibadah. Bener-bener menikmati banget… Semoga kita semua bisa ketemu lagi dengan bulan ramadhan tahun depan ya… Aamiin.

Advertisements

One thought on “Lebaran Sebentar Lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s