Snorkeling di 3 Gili

Salah satu aktivitas air yang saya suka ketika ke pantai atau pulau adalah snorkeling, tentunya selain bengong di pinggir pantai sambil ngeliatin orang-orang. Maka ketika beberapa waktu lalu saya ikut liburan kantor ke Lombok, jadwal snorkeling di 3 gili adalah salah satu jadwal yang saya tunggu-tunggu.

Gili Islands adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 3 gili/pulau, Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Lokasinya ada di barat laut pulau Lombok.  Terkenal sebagai salah satu destinasi wisatanya para bule kalo melancong ke Bali atau Lombok. Eh gak bule aja sih, yang local pun sama. Di antara 3 gili ini, tentunya Gili Trawangan yang paling terkenal, karena di gili ini lebih banyak resorts, hotel, hostel, homestay, pub, kafe, dan hiburan lainnya.

Begitu menginjakkan kaki saya, saya langsung ingat perjalanan saya ke Boracay, Filipina (cerita disini). Gili Trawangan ini dipenuhi turis internasional maupun domestik. Jalan-jalan kecil dengan kanan kirinya kafe. Ditambah cidomo yang lalu lalang. Salah satu hal yang bisa dilakukan di Gili Trawangan selain berjemur ya pastinya pub crawling di malam hari. Jadi malam di Gili Trawangan saya habiskan dengan bobo cantik aja setelah ada kejadian di siang harinya (cerita disini).

Snorkeling di 3 gili dilakukan di pagi hari menuju siang hari. Saya udah bangun dari pagi banget, pemanasan dulu di kamar mandi hotel yang luasnya udah kaya kamar saya di rumah. Hahaha. Saya kan gak pernah rempong kalo jalan-jalan, tapi kalo ada list snorkeling, saya pasti rempong banget. Mulai dari sunblock badan, muka, aloe gel, pokoknya gak mau item, tapi akhirnya pasrah mau item mau gak yang penting nyebur lah.

Ada 3 spot yang akan dikunjungi selama snorkeling. Oiya, buat yang takut nyebur, perahu di Gili ini udah dilengkapi dengan glass floor, jadi tinggal nengok ke bawah aja kalo gak mau nyebu, keliatan deh itu pemandangan bawah laut Gili. Spot pertama yang kita kunjungi agak sepi, tapi pemandangannya buat saya masih dalam taraf bagus (gaya banget sih). Spot kedua ini sang pemandu bilang akan ada blue coral, saya langsung excited banget. Saking excitednya, saya lupa ganti baterai sport cam saya, jadilah gak punya fotonya 😦

Di spot kedua ini saya menghabiskan banyak waktu. Sampe capek sendiri. Dari yang awalnya gak pake pelampung, saya nyerah pake pelampung. Dan perjuangan balik ke kapal itu amat sangat melelahkan, dan karena tinggal saya yang belum naik, pemandunya akhirnya menarik saya dan bilang “capek ya mbak?”. Di spot ketiga saya gak turun, karena ombak agak tinggi. Kenapa? Saya masih agak trauma dengan pengalaman snorkeling dengan ombak tinggi di Boracay, di tambah saya sudah terlalu lelah untuk turun lagi. Hahaha.

Overall, snorkeling di 3 Gili memang menjadi salah satu opsi wajib buat yang mau berkunjung ke Gili Trawangan. Gak usah khawatir, begitu tiba di Gili Trawangan akan ada banyak jasa/vendor untuk snorkeling di 3 Gili mulai dari private tour sampai dengan sharing tour. Harga yang diberikan tentunya tidak mahal, antara 150ribu rupiah s.d 200ribu rupiah termasuk alat snorkeling dan makan siang.

Duh, kayanya butuh segera balik ke pantai lagi nih… Hihihi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Spot Snorkeling
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Menuju tempat snorkeling
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Spot snorkeling
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Snorkeling di 3 Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Snorkeling di 3 Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Mendung, Snorkeling di 3 Gili
DCIM100MEDIA
Underwater, Snorkeling di 3 Gili
DCIM100MEDIA
Mulai lelah, Snorkeling di 3 Gili
DCIM100MEDIA
Underwater, Snorkeling di 3 Gili
DCIM100MEDIA
Underwater, Snorkeling di 3 Gili
DCIM100MEDIA
Underwater, Snorkeling di 3 Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Glass bottom, Snorkeling di 3 Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Underwater, Snorkeling di 3 Gili
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Seorang teman yang mulai lelah, Snorkeling di 3 Gili

 

Advertisements

2 thoughts on “Snorkeling di 3 Gili

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s