Unshare atau Unfriend Teman di Sosmed

Akhir-akhir ini saya mulai jarang buka sosmed (kecuali instagram). Biasanya kalo di rumah, saya ada dimana handphone ada dimana. Awalnya momen jarang buka sosmed dimulai ketika saya sakit, saya males banget bergerak, kalo megang handphone itu pasti karena di whatsapp sama pak bos (sakit kali pak…), sisanya saya tidur dan handphone saya biarin aja di meja.

Karena udah agak jarang buka sosmed, ketika saya buka sosmed itu (terutama FB dan path), saya ngerasa terlalu banyak menerima informasi, terus ada beberapa orang yang saya sadari mereka itu cuma bikin saya dosa aja. Hahaha. Ya soalnya kadang apa yang mereka upload tuh suka bikin kita nyinyir kan. Upload foto sama pacar pake doa-doa supaya cepet dilamar, padahal tinggal ngobrol berdua sama pacarnya aja kan ya kalo hubungan mereka mau dibawa kemana. Atau upload foto selfie dengan caption “udah cantik tapi jomblo”, yaudah sih ya kalo jomblo ya cari pacar gitu. Dan masih banyak yang lainnya yang bikin saya geleng2 (no need to mention foto kepala anaknya di sebelah logo mobil merci-nya)

Akhirnya saya memutuskan untuk bersih-bersih. Agak susah sih ini, karena pasti ketika mereka tau kita gak temenan sama mereka lagi, mereka nganggep kita sombong dan gak mau temenan kan? Dilema deh. Etapi ternyata sekarang kan ada features asyik di FB dengan judul “Unfollow”, kita bisa unfollow semua yang dia share, tapi kita tetep temenan. Di Path sendiri ada “Inner Circle” dimana kita bisa pilih beberapa teman yang post-nya bisa kita lihat dan yang gak mau kita lihat. Jadilah weekend kemarin saya gak kemana-mana karena milih-milihin yang mana yang mau di unfollow atau di inner circle. Hahaha jahara ya.

Tentunya setelah unfollow dan pilih-pilih inner circle, saya gak bikin pengumuman lah. Ini pernah kejadian dengan teman saya yang dengan bangganya abis unshare temen lainnya di path, dia langsung bikin post bilang kalo dia abis unshare si A, which is juga teman sepermainan saya dulu. Dan gilanya ya, itu postingan di LOVE sama banyak oraaannnggg… Termasuk teman saya lainnya yang kenal sama si A dengan baik dan keliatan gak ada apa-apa. Saya sampe shock banget setelah baca postinga itu.

Apakah saya feeling guilty setelah melakukannya weekend kemarin? Sebenernya gak sih. Karena saya memang ngerasa lingkar pertemanan saya itu sudah mulai mengecil. Saya kenal banyak orang, tapi yang kenal baik dikit. Saya suka melihat postingan banyak orang, tapi yang bisa bikin saya benar-benar senang itu cuma sedikit. Bukan saya iri hati, dengki, atau apapun itu lah ya… Kadang saya cuma mikir kalo ngeliat postingan temen saya yang udah seumur saya gini, yang udah gak ada bau-bau ABG nya lagi gitu, tapi postingannya kaya anak ABG, atau menceritakan segala permasalahan cinta atau keluarganya di sosmed. Buat saya, itu udah gak sehat… Gak sehat juga buat saya, karena saya jadi tau masalah dia, dan probabilitas saya ngomongin dia suatu hari nanti jadi besar banget. Hehe.

Lega banget sebenernya udah bisa dikasih pilihan untuk tidak melihat postingan mereka tapi tetep temenan. Kebayang kan dulu saya pernah gak sengaja unshare temen di Path, dan dia langsung teror saya tanya kenapa saya unshare dia? Itu ngejelasinnya bisa sampe seminggu kayanya… Huhuhu.

So, sudahkah kamu memilah yang mau kamu lihat? (gaya banget sih ini yampun…)

 

Advertisements

2 thoughts on “Unshare atau Unfriend Teman di Sosmed

    1. kebanyakan kalo di aku yg ga sreg itu yg tiap di posting, pas aku buka sosmed mbak… huhuhu. sekarang juga cuma buka IG + blog, sama sesekali path. buka fb karena mau buka fb kantor aja hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s