Pura Luhur Uluwatu: Perjalanan Singkat mencari Sunset

Perjalanan saya ke Bali minggu lalu tentunya di sponsori kantor, maka dari itu setibanya saya di Bali sampai hari keempat saya di Bali, saya cuma tau kalo di deket hotel ada pizza enak dan nasi jinggo enak. Kasian ya? Hahaha. Hari keempat itu urusan pekerjaan saya selesai lebih awal. Jam 3 sore saya udah leha-leha di hotel. Saya udah ribut mau liat sunset sore itu, tapi ketiga rekan kerja saya memilih berdiam diri dan mau selonjoran aja.

Setelah googling sana-sini untuk cari spot liat sunset, jatuhlah pilihan saya ke Uluwatu Temple. Jaraknya kurang lebih 20km dari hotel saya di Nusa Dua. Naik Uber pun fare estimation ada di angka 60 – 70ribuan. Okelah, mari kita capcus. Setelah pesan Uber, tiba-tiba saya ingat salah satu pesan teman yang bilang kalau beberapa spot wisata di Bali melarang Uber atau Grab mengambil penumpang, jadi hanya boleh drop aja. Waduh. Kepalang tanggung, begitu naik Uber, saya membicarakan masalah ini dengan si bapak Uber saya sore itu. Alhamdulillah, bapak Uber saya ini baik banget, beliau menawarkan untuk menunggu dengan mematikan aplikasi Ubernya. Setelah tawar-tawaran, jatuhlah angka 200ribu rupiah untuk antar hotel – uluwatu – hotel (dan berakhir dengan ditambah antar beli makanan). Bapaknya baik banget, beliau sampe rela nungguin saya di depan gerbang pura sepulang melihat Kecak Dance.

Sesampainya di Pura Luhur Uluwatu, pengunjung diwajibkan membayar 20ribu rupiah untuk lokal, dan 30ribu rupiah untuk pengunjung internasional. Sebelum masuk ke Pura pun setiap pengunjung diwajibkan memakai kain panjang untuk yang memakai celana/rok pendek, dan kain untuk diikat di pinggang bagi yang sudah pakai celana/rok panjang. Pengunjung juga diperingatkan untuk menyimpan kacamata hitam, aksesoris yang bergelantungan, topi, atau segala sesuatu yang bisa memancing monyet-monyet iseng disekitaran pura. Saya pun menyimpan kacamata hitam saya saat melihat ada monyet dari kejauhan.

Target saya ke Pura Luhur Uluwatu selain sightseeing dan cari foto yang instagramable, tentunya adalah untuk nonton pertunjukan Kecak Dance dengan background sunset uluwatu, yang kalo saya liat foto-fotonya di Instagram dan Google itu keren banget. Hahaha. Saya tiba di Pura Luhur Uluwatu jam 4.30pm, bapak Uber mengingatkan saya kalo tiket Kecak Dance bisa dibeli mulai dari jam 5 sore dan pertunjukan akan mulai jam 6 sore. Ok, ada 30 menit untuk jalan-jalan menikmati pemandangan di area Pura. Sayangnya, dengan waktu yang 30 menit itu, dan juga telpon-telpon dari beberapa orang tentang pekerjaan, saya malah gak sempat jalan ke Pura Luhur Uluwatu. Nyesel banget udah sampe sana tapi ga ada foto Pura-nya kan… 😦

Jam 5.15pm, setelah menyelesaikan sebuah telpon dari klien, saya akhirnya beli tiket pertunjukan Kecak Dance. Awalnya saya mau kembali berkeliling, tapi melihat animo pengunjung yang langsung masuk ke area pertunjukan supaya dapet tempat duduk bagus membuat saya akhirnya memutuskan untuk masuk juga ke area pertunjukan. Demi dehh… Pertunjukan sendiri baru dimulai jam 6 sore, di belakang panggung sudah nampak sunset yang memerah, lagi-lagi saya harus agak sedikit kecewa karena sunset sore itu sangat berawan. Kurang bagus. Kurang cantik. Kurang asyik di foto. Sedih yaaa? Tapi gak apa-apa, karena saya masih bisa menikmati pertunjukan Kecak Dance meskipun sendirian selama 60 menit. Overall perjalanan saya ke Uluwatu sore itu memang untuk melepaskan penat setelah 4 hari “dikurung” di ruangan AC selama 12 jam. Hahahaha.

Kalo nanti kembali ke Uluwatu, semoga saya dapet gambar sunset yang cantik ya.. Hihihi.