Marketing Trends in 2017

Semakin bertambah tahun, dunia pemasaran pun semakin berkembang secara pesat. Salah satu alasan kenapa saya memilih ilmu pemasaran saat kuliah dulu adalah karena ilmu ini selalu berubah, selalu berkembang. Pemasaran 10 tahun yang lalu dan pemasaran 10 tahun ke depan tentunya berbeda sekali dengan pemasaran saat ini. Sebutlah Marketing 2.0 atau Marketing 3.0, keduanya adalah ilmu pemasaran yang nampak sama namun berbeda.

Jika 2016 lalu dunia pemasaran dihebohkan dengan Virtual Reality (klik disini), atau big data, kira-kira trend seperti apa yang akan muncul atau tetap hadir di tahun 2017?

Virtual Reality and Augmented Reality tentunya akan tetap berjaya. Sekarang kemanapun saya pergi, saya bisa melihat ada stan yang menggunakan VR sebagai alat mereka memasarkan produknya. AR sendiri sempat heboh dengan adanya PokemonGO tahun lalu. Tentunya keduanya ini bisa jadi sebuah tools bagi para pemasar agar lebih kreatif dan ‘kekinian’, dan tentunya menarik perhatian targetnya.

LIVE! Instagram Live, Facebook Live, what else? Yups. Kita sudah melihat banyak banget live broadcast dari tahun lalu, terus kenapa ini tetap jadi trend di 2017 ini? Tentunya karena beberapa waktu lalu Instagram memperkenalkan features barunya “Instagram Live”, dan tentunya ini bisa jadi salah satu cara pemasar untuk menampilkan produk mereka, secara live. Kenapa harus live? Saya pribadi kalo melihat ada artis atau influencer yang melakukan live, saya langsung merasa mengenal mereka dengan dekat. Bagaimana jika sebuah perusahaan melakukan live broadcasting untuk memperkenalkan produknya? Tentunya customernya, followernya, atau bahkan calon customer-nya akan merasa lebih ‘kenal’ dengan produk tersebut bukan?

Semuanya akan ada dalam genggaman. Iya, semudah itu. Beli apa tinggal buka smartphone, isi ulang apapun buka smartphone. Bahkan mau liat iklan juga buka smartphone. Maka apa yang harus dilakukan pemasar? Tentunya membuat sebuah content yang singkat, namun bisa menangkap perhatian. Sesuatu yang simple dan gak bikin ribet ternyata saat ini lebih banyak disukai oleh banyak orang. Gak percaya? Buktinya Snapchat bisa laku keras karena simple-nya. Atau GoFood bisa jadi alternative karena orang tinggal duduk, pencet-pencet di layar, makanan dateng. Semudah itu.

Selain ketiga di atas, sepertinya tahun 2017 ini masih akan dipenuhi Influencer yang bisa mengubah customer decision. Karena ada live broadcasting ini, tentunya sebuah hubungan yang dekat bisa jadi kunci. Bayangin kalo misalnya influencer ini suka sekali live broadcasting? Kalo mereka pegang produk gak terkenal aja, produk itu bisa booming.

Tentunya masih banyak trend-trend yang wajib diwaspadai di tahun 2017 ini bagi pemasar. Dunia pemasaran adalah sesuatu yang tidak bisa di prediksi, jadi saya rasa pemasar sekarang ini haruslah bisa mempertimbangkan hal-hal diatas untuk masuk ke list strategi mereka tahun ini.

 

Source:
Marketing trends to watch out for in 2017
17 Marketing Trends To Watch Out For In 2017

Advertisements

2 thoughts on “Marketing Trends in 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s