Bedanya Kopi Arabica dan Robusta

Sering minum kopi tapi gak tau bedanya arabica dan robusta? Nah ini saya banget sampe beberapa tahun yang lalu. Hahaha. Hari ini saya akan membagikan informasi mengenai kopi, terutama tentang perbedaan antara arabica dan robusta.

Saya mengenal kopi dari kecil. Dulu bapak saya pernah jualan kopi, jadi saya familiar sekali dengan mesin penggiling biji kopi, biji kopi, bau kopi, hingga rasanya kopi itu sendiri. Dari dulu pun sudah tau bahwa ada 2 jenis varietas pohon kopi di dunia ini, arabica dan robusta. Kemudian dibedakan lagi menjadi dimana biji-biji tersebut ditanam. Indonesia masuk menjadi salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, tapi Indonesia gak masuk 10 besar sebagai peminum kopi terbanyak di dunia. Konsumsi kopi orang Indonesia sendiri kurang dari satu kilo per capita setiap tahunnya (source: http://www.ico.org/).

Terus apa bedanya arabica dan robusta?

http://www.ico.org/
http://www.ico.org/

Rasa & Aroma
Soal rasa, arabica terasa lebih asam dengan aroma buah atau bunga-bungaan, tapi ada beberapa arabica juga yang terasa pahit. Sementara robusta biasanya tidak begitu asam tapi rasanya bisa juga agak tajam, tekstur kopinya sendiripun lebih kasar, tapi aromanya sedikit manis.

Bentuk Biji

2089_1_53_thumb

Kadar Kafein
Kadar kafein pada kopi Arabica sebesar 1,2%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%. Tingginya kadar kafein pada Robusta ini juga yang membuat rasa robusta kadang lebih pahit.

Harga
Tentunya harga arabica lebih mahal daripada harga robusta. Meskipun mahal, arabica menyumbang 70% konsumsi di dunia, sementara robusta hanya 30% aja.

Jadi mau pilih arabica atau robusta? Kebanyakan sih di coffee shop menjualnya arabica, tapi ada beberapa juga yang menyediakan robusta. Oiya, saya baru-baru ini lagi tergila-gila sama arabica toraja. Kalo arabica sidikalang itu rasanya asem, saya suka sampe nyengir-nyengir minumnya. Nah, arabica toraja ini rasa asamnya ga begitu terasa, cenderung ke arah pahit, pas aja kalo dimulut saya.

Kalo kalian lebih suka arabica atau robusta?

Advertisements

2 thoughts on “Bedanya Kopi Arabica dan Robusta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s