Proustian Phenomenon

Proustian phenomenon adalah sebuah ide yang terkenal yang mengungkapkan bahwa sebuah bau/wangi tertentu memiliki kekuatan untuk membangkitkan kenangan. Nama dari teori ini diambil dari nama penulis Prancis, Marcel Proust, yang dalam novelnya À la Recherche du Temps Perdu (In Search of Lost Time) menggambarkan seorang tokoh yang dapat dengan jelas mengingat kembali kenangan lama yang terlupakan, setelah mencium bau biskuit dalam rendaman teh.

Meskipun teori itu belum dapat dibuktikan 100% secara ilmiah, tapi sadarkah kita kadang kita suka sekali mengingat seseorang atau kenangan hanya dengan mencium bau/wangi tertentu?

Kalo nyium bau bedak Mars, saya langsung inget Eyang saya. Kalo nyium bau wangi parfum-parfum yang khas gitu, saya pasti ingat parfum ini dipake oleh siapa (teman, mantan, keluarga, etc). Kalo nyium bau soto mie, saya langsung ingat betapa lemahnya saya dua jam setelah makan soto mie 15 tahun lalu sampe akhirnya saya memutuskan untuk gak makan soto mie lagi. Beberapa hari yang lalu saya bahkan tiba-tiba papasan dengan mas-mas ganteng dengan wangi badan persis mantan pacar pertama saya. Hahaha. Oiya, saya bahkan sampe hapal banget sebuah kejadian ala-ala sinetron di hidup saya setiap saya nyium bau popcorn di bioskop.

Saya juga jadi inget dulu saya pernah bikin penelitian tentang parfum, yang berkaitan dengan informasi dan bagaimana orang menilai parfum itu dari informasi yang disediakan. Terus kebanyakan dari peserta penelitian saya itu malah baper… Ada aja yang komen bilang “aduh ini kaya baunya siapa ya???”, padahal saya sudah meracik sendiri parfum khusus buat penelitian itu. Hahaha.

Apakah kalian juga sering mengalami Proustian phenomenon ini? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s