Sampah saat Traveling

Jumat kali ini saya gak akan bahas perjalanan saya, tapi akan bahas tentang sampah saat traveling. Sadar atau gak, kita sering sekali meninggalkan jejak sampah di tempat-tempat wisata. Plastik makanan, botol minuman, tissue, dan lain-lain. Sedih banget lah tiap pergi ke suatu tempat dan ngeliat sampah berserakan dimana-mana. Lebih sedih lagi misalnya liat orang main buang sampah gitu aja di jalan, bukan di tempat sampahnya. Padahal dari kecil kita diajarkan: Buanglah sampah pada tempatnya.

Beberapa kali dalam perjalanan saya mengunjungi suatu tempat, saya melihat sampah berserakan. Sekitar 3 – 4 tahun lalu saat saya ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu, saya sebel banget liat sampah-sampah di pinggir pantai. Beberapa waktu yang lalu saat saya ke Bromo juga saya melihat sampah dimana-mana.

Sampah Penuhi Pantai Kuta

1.5 Ton Sampah Diangkut dari Gunung Rinjani

Dari kecil, ibu saya selalu bilang kalo misalnya gak nemu tong sampah, ya kantongin aja sampahnya. Dan ini berujung pada isi tas saya yang jadi kaya tempat sampah. Setiap traveling saya selalu nyimpan sampah saya! Iya, disimpen di dalam tas untuk sampah kering seperti plastik. Sampah basah biasanya saya pegang sampe ketemu tong sampah. Nah ini ada beberapa hal yang selalu saya lakukan mengenai sampah saat traveling:

Bawa Botol Minum sendiri itu selain ‘murah’ juga tidak menyumbang sampah lebih banyak. Bayangin aja kalo misal setiap berpergian kita beli minuman kemasan, bisa 2-3 botol sehari, terus seringnya dibuangnya gimana? Seringnya sih buka kaca terus buang aja ke jalan. HHH. Atau biasanya ditinggal gitu aja di transportasi umum.

Bawa selalu Reusable Bag, ini biasanya selalu saya gantung-gantung di tas berpergian saya. Fungsinya ya kadang buat naro barang-barang, buat jadi tempat sampah sementara, bahkan buat tatakan duduk di tempat-tempat tertentu. Hehehe. Reusable bag juga kan lumayan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Bawa sapu tangan atau handuk kecil supaya gak pake tissue. Saya sering banget liat sampah tissue bertebaran di tempat wisata. Padahal ya tissue kan bisa dikantongin dulu kalo emang gak ada tempat sampah. Makanya saya sekarang lebih milih bawa sapu tangan atau handuk kecil.

Lipat Sampah! Kalo kata temen saya, ini saya banget. Saya sering banget melipat sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Tujuannya sih supaya hemat volume tempat. Selain itu, ketika berpergian, melipat sampah ini juga ya tujuannya kalo belum nemu tempat sampah bisa disimpen dulu di dalam kantong atau di dalam tas.

Ada lagi tips lainnya yang bisa membantu mengurangi sampah saat traveling? 🙂

Yuk, mulai untuk sadar akan jejak sampah yang kita tinggalkan dimanapun…

Advertisements

One thought on “Sampah saat Traveling

  1. Selamat Siang Mbak Nina,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s