[Infographic] Tentang GERD

Punya penyakit yang menghambat kesukaan makan kita itu emang gak enak ya? Saya udah setahun ini hidup dengan GERD atau Gastroesophageal reflux disease, yaitu penyakit asam lambung yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus (source: alodokter).

Salah satu gejala GERD ini adalah heartburn atau sensasi terbakar di dada, yang kadang salah diartikan sebagai sesak nafas biasa atau bahkan kasus saya dulu dikirain kena serangan jantung. Karna rasanya itu emang sakit banget, sampai kalo gerak dikit itu dada kaya mau robek kali ya… Huhuhu. Salah satu gejala lainnya adalah batuk kering, padahal gak lagi sakit batuk.

bisa dilihat ya dari infographic diatas, makanan penyebab GERD ini adalah kopi, coklat, soda, lemon, makanan pedas, berlemak, etc. NAH! ini yaaaa, saya kan udah mah pasti ngopi kalo pagi, seneng makanan pedes, seneng minuman yang kecut-kecut seger gitu… 😦 😦 😦

Selama bulan puasa kemarin saya hati-hati banget pas makan, begitu lebaran… Taraaaa… Rendang, opor, roti-rotian, kue kering, semuanya masuk gitu aja tanpa memperhatikan kandungannya. Jadilah saya tepar 3 hari, dan sampai sekarang belum begitu pulih. Terus obatnya apa untuk GERD?

Obatnya tentu ya mengurangi atau menghindari sama sekali jenis-jenis makanan yang menjadi triggers. Kalo misal sudah menghindari pun GERD masih kambuh, maka obat-obatan adalah salah satu jalan utamanya. Ini salah satu tipsnya untuk menghindari GERD:

Ada yang punya GERD seperti saya juga? 😀

Advertisements

2 thoughts on “[Infographic] Tentang GERD

  1. Aku suspect GERD, tapi ternyata usus bengkak 😦 alias inflammation. Penanganannya mirip sama diagram untuk GERD di atas juga, and kalo makan terlalu lahap aduhhh abis itu langsung deh heartburn 😦

    1. kok bisa sampai inflammation mbak? karena makanan kah? gak enak yah heartburn itu, aku kalo heartburn gitu sampe nangis2 sendiri. huhu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s