[Visit Jakarta] Kota Tua

“Ngapain ke Jakarta? Ke Tanah Abang?”

Begitulah kira-kira isi percakapan budhe-bulik saya di desa sana kalo misalnya ada yang mau ke Jakarta. Ya, yang mereka tau kalo ke Jakarta pasti ke Tanah Abang, mborong kerudung sama gamis. Hehehe. Padahal Jakarta itu ga semata tentang gedung-gedung tinggi, mall-mall keren, atau tempat-tempat belanja seperti Tanah Abang atau Mangga Dua.

Saya sering banget ngajak sepupu-sepupu saya atau keponakan-keponakan saya yang baru pertama kali ke Jakarta untuk berkeliling Jakarta. Misalnya, ke Monas, Planetarium, Ragunan, atau ke Kota Tua…. Iya Kota Tua… Salah satu tempat wajib bawa orang yang baru pertama kali ke Jakarta.

Jaman baru lulus S1 dulu, saya sempet nganggur 4 bulan, ditambah lagi nungguin Ibu saya yang waktu itu baru jatuh dan tulang punggungnya retak. Naaahhh, kalo udah bosen nih di rumah, saya pasti izin keluar sebentar sama si Ibu, terus saya pergi naik TransJakarta, menuju Kota Tua. Disana ngapain? Ya kadang cuma jalan pelan-pelan, people watching, naik sepeda, keluar masuk museum, abis itu pulang lagi. Gak pernah bosen lah.

Bahkan dulu saya pernah ditembak cowok di Kota Tua. Waelaaaaa…

Minggu lalu, saya kebetulan ada janji ketemu sama orang di daerah Kota. Sadly, saat saya udah di KRL menuju Kota dari kantor, dan tinggal 2 stasiun lagi nyampe, saya dapet kabar kalo ketemuannya diundur karena kolega saya itu ada keperluan mendadak. Tanggung, jadi saya tetep turun di stasiun Kota, terus memutuskan untuk jalan-jalan sebentar di Kota Tua.

Sekarang ini kondisi stasiun Kota sampe ke Kota Tua-nya sendiri sudah jauh lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Orang-orang juga kayanya mulai sadar untuk gak buang sampah sembarangan, jadi kawasan ini mulai terlihat bersih. Selain bersih, karena beberapa waktu lalu kawasan ini di-cat ulang, jadi terlihat lebih ramah dan baru.

Terus disana ngapain aja? Saya sih saranin untuk masuk Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia. Terus nongkrong di Cafe Batavia, atau naik sepeda keliling kawasan Kota Tua. Jangan lupa foto-foto, karena kawasan ini dulunya dijuluki “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa.

Museum Fatahillah
Museum Wayang
Naik Sepeda Keliling Kota Tua
Jangan lupa foto 🙂
Kota Tua
Kota Tua
Stasiun Jakarta Kota
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s