Pelupa

Ada beberapa fakta tentang menjadi pelupa yang bikin saya bingung….

#fakta1 menjadi pelupa adalah tanda pikun (Dr. Tuti Suwirno Zacharia, Sp.S,  dari RS Premier Bintaro – artikel)

#fakta2 menjadi pelupa (ditambah pemarah) adalah tanda awal Alzheimer (Dr. Taruna Ikrar
University of California, School of Medicine, Irvine, USA – artikel)

#fakta3 menjadi pelupa berarti bertambah kecerdasannya! (Blake Richard dan Paul Frankland dari University of Toronto, Kanada – artikel)

Nyatanya saya menjadi pelupa ya karena emang saya ini pelupa. Hahaha. Lupa-nya saya ini udah mulai mengganggu sendi-sendi kehidupan saya sendiri. Misalnya saya ada janji sama si A, terus saya bener-bener lupa gitu aja, dan inget setelah liat jam dan kaget sendiri. Atau hal sepele kaya lupa naro kunci motor/mobil dimana, lupa naro hape, lupa naro uang, tapi belom sampe lupa sama suami sendiri. Hehe.

Menurut beberapa literature yang saya baca, ketika kita lupa itu berarti otak kita mengalami kelebihan beban informasi, sehingga informasi yang masuk tidak bisa terseleksi dengan baik. Tapi di satu sisi lain, otak memang dirancang untuk tidak menyimpan informasi secara berlebihan, jadi ketika kita melupakan sesuatu, berarti hal tersebut dianggap gak penting dan dibuang oleh otak kita. Karena penting bagi otak untuk melupakan detail-detail yang nggak relevan. Dengan begitu, otak dapat fokus pada sesuatu yang sedang berjalan untuk membantu membuat keputusan di dunia nyata.

Terus gimana caranya supaya kita gak gampang lupa?

Salah satu caranya adalah bermain game, seperti Sudoku atau Crosswords yang katanya bisa merangsang dan melatih otak. Atau lebih sering makan makanan nyang mengandung omega3, seperti salmon, tuna, kerang, kubis, biji labu, dan buah kenari. Oiya, katanya bermeditasi juga bisa membantu kita supaya gak gampang lupa. Atau ya kalo saya sih selalu bikin reminder supaya gak lupa, atau bener-bener fokus di awal…

Siapa yang pelupa juga disini?

Advertisements

4 thoughts on “Pelupa

    1. aku juga kaya gini mbak… kadang malah lagi pake sunglasses, nanya ke suamiku “ini mendung ya?” hahaha. malu ya kadang >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s