One Fine Day @ Malacca

Perjalanan saya ke Melaka dimulai dari iseng-iseng browsing beberapa hari sebelum keberangkatan ke Kuala Lumpur. Gak ada niat awalnya, tapi karena terlalu sering baca tentang Melaka, maka saya pun membulatkan tekad untuk berangkat ke Melaka di hari Minggu beberapa waktu yang lalu.

Pagi hari start jam 8 pagi dari hotel saya di kawasan Pudu, dekat dengan stasiun LRT Plaza Rakyat, saya langsung menuju ke Terminal Bersepadu Selatan. Ternyata, cukup naik kereta satu kali dari Plaza Rakyat, lalu turun di Bandar Tasik Selatan. Kurang lebih 30 menit, saya dan massuami sudah berjalan melalui jembatan penghubung antara stasiun Bandar Tasik Selatan dan Terminal Bersepadu Selatan.

Sampai di Terminal Bersepadu Selatan, saya pun bingung. Maklum, biasanya kalo mau naik Bis ke Magelang saya lebih memilih beli di agen bis pinggir jalan Raya Bogor, tanpa perlu repot ke Terminal Kampung Rambutan. Berhubung sebelumnya udah googling tentang perjalanan dari Kuala Lumpur ke Melaka, maka saya dan kesotoyan saya pun mengantri di loket. Ternyata memang semuanya sudah terintegrasi ya? *norak*. Saya pun membeli tiket bis menuju Melaka dengan harga 11 MYR. Oiya, sebenernya ada beberapa rekomendasi Bis untuk kesana (KKKL dan/atau Transnasional), tapi sepertinya kalo antri di loket, dapat dipastikan kita mendapatkan bis yang paling cepat berangkat. Saya kebagian bis MayangSari, firasat mengatakan gak enak, dan bener aja, bisnya telat 45 menit.

Sampai di Melaka Sentral sudah tengah hari. Kami pun menunggu bis Panorama Melaka nomer 17 yang menuju Bangunan Merah atau Req Square. Cukup dengan 1.50 MYR, perjalanan kurang lebih 15 menit dari Melaka Sentral menuju Bangunan Merah pun diiringi dengan berdesakan di dalam bis. Ya gapapalah ya, udah seneng banget akhirnya nyampe Melaka juga…

Yang pertama dilakukan begitu sampe di Bangunan Merah? Buka GPS, nyari mesjid! Ini kayanya emang salah satu rutinitas saya dan suami kalo berpergian, nyari mesjid lokal. Dari hasil GPS, kami pun melangkahkan kaki menuju Mesjid Kampung Kling, salah satu Mesjid tua bersejarah di kawasan Melaka. Setelah solat dzuhur, berhubung terakhir kali makan besar itu pas sarapan, kami pun langsung menuju salah satu resto yang jual Chicken Rice Ball. Karena alasan halal, maka kami pun memilih resto MAMEE Jonker House di kawasan Jonker Street. Sedihnya, ternyata Chicken Rice Ball-nya cuma sisa 1 porsi, jadi deh porsi keduanya ya pasti Nasi Lemak.

Selepas makan siang yang udah telat ini, saya dan suami pun memutuskan untuk naik Melaka Cruise. Lumayan keliling Sungai Melaka selama kurang lebih 30 menit. Selesai dari sini, kami pun jalan-jalan keliling, sampai gak terasa udah jam 6 sore, liat-liatan sama suami, ya terpaksa harus balik ke KL kan ya… Jadi deh jam 6 lebih, setelah nunggu bis nomer 17 agak lama, kita memutuskan untuk pesen Grab! Hahaha. Inilah salah satu enaknya ada Grab ya… Hihihi.

Balik lagi ke Melaka Sentral, mau beli tiket bis lagi, tapi banyak banget yang udah Sold Out. Ini salah satu hal yang harus di perhatikan kalo ke Melaka di hari minggu, kalo kita sampai di Melaka Sentral, langsung beli tiket bis balik ke KL, kalo gak kehabisan… 😦 Berbekal calo, akhirnya kita dapet tiket bis jam 7.30 malam dengan harga 13 MYR. Lagi-lagi deh, bisnya ngaret sekitar 15 menit… Fufufu. Jam 11 malam, kita udah tergeletak tak berdaya di hotel. Hihihi.

Masjid Kampung Kling, Melaka, Malaysia
One Fine Day @ Malacca
Chicken Rice Ball, One Fine Day @ Malacca
Mural. One Fine Day @ Malacca

TIPS!
1. ke Melaka gak cukup Day Trip! luangkan waktu minimal dua hari satu malam untuk menikmati kota ini 🙂
2. kalo kita mau Day Trip, berangkat pagi-pagi sekali ya 😉
3. kalo ke Melaka di hari minggu, jangan lupa untuk segera beli tiket bis kembali ke KL, karena katanya selain turis, banyak mahasiswa pulang kampung yang balik ke KL di hari minggu.

PRICE:
Bis Terminal Bersepadu Selatan – Melaka Sentral = 11 MYR
Bis Melaka Sentral – Terminal Bersepadu Selatan = 11 MYR
Melaka River Cruise = 21 MYR (foreigner)

Advertisements

6 thoughts on “One Fine Day @ Malacca

1. stelah ku googling, pasar malamnya kalo di daerah Jonker Walk setiap hari minggu mbak. hihihi. jadi bener2 pengen balik ksana lagi >.<