Wisata Sejarah di Seoul

Salah satu itinerary saya ketika mengunjungi Seoul, Korea Selatan, adalah berwisata sejarah. Rasanya emang wajib yaa untuk tahu sejarah sebuah negara hingga bisa menjadi negara yang maju. Tentunya jangan lupa juga untuk belajar sejarah bangsa sendiri, supaya gak kudet 😉

Saya sengaja memilih penginapan di daerah Jongno, karena dekat dengan beberapa spot seperti Insadong, Istana Changdeokgung, Istana Gyeongbokgung, Bukchon Hanok Village, dan daerah Gwanghwamun. Kenapa? Sesederhana ingin jalan kaki kemana-mana.. (yang pada akhirnya selama 6 hari 5 malam emang lebih banyak jalan kaki >.<).

Daerah tempat saya menginap

Di hari pertama saya mengunjungi sebuah istana kecil di dekat penginapan, kebetulan istana ini tidak memungut bayaran untuk kita masuk. Istana tersebut adalah Unhyeongung, sebuah istana residensial yang digunakan oleh Raja Gojong, raja ke-26 Dinasti Joseon, sebelum dirinya dinobatkan menjadi raja. Istana ini sempat hancur saat penjajahan Jepang, kemudian diperbaiki, namun istana yang tersisa sekarang adalah sebagian kecil dari istana yang dahulu (more info about Unhyeongung). Oiya! Istana ini juga jadi tempat shooting drama Goblin, tepatnya bagian exterior rumah yang ditempati Goblin dan Grim Reaper.

Unhyeongung Royal Residence

Di hari kedua, awalnya saya berencana untuk menyewa hanbok, pakaian tradisional Korea, namun karena cuaca yang agak panas dan terik hari itu, ditambah saya yang kalo keringetan itu lebay banget, saya pun mengurungkan niat untuk memakai hanbok dan jalan-jalan ke istana-istana lainnya. Hahaha. For info, di daerah tempat saya tinggal ini banyak sekali tempat penyewaan hanbok dengan harga yang variatif, mulai dari 10,000 KRW (kurang lebih Rp.120.000) untuk 2 – 4 jam penggunaan.

Wisata Sejarah di Seoul

Tujuan selanjutnya adalah Istana Changdeokgung yang terletak kurang dari 10 menit jalan kaki dari penginapan. Istana Changdeokgung ini sudah dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage sejak tahun 1997. Istana ini dibangun pada tahun 1405, menjadi istana kedua yang dibangun setelah Istana Gyeongbokgung, dan menjadi salah satu istana yang digunakan untuk tempat tinggal dan pertemuan kerajaan. Oiya, di dalam Istana Changdeokgung juga teredapat ‘Secret Garden’, tempat dimana para raja di dinasti Joseon beristirahat. Untuk masuk ke Secret Garden ini dikenakan biaya lagi, plus ada beberapa jadwal untuk bisa masuk kesana. (more info about Changdeokgung)

Istana Changdeokgung

Puas keliling Istana Changdeokgung, saya pun melanjutkan perjalanan ke Istana Gyeongbokgung. Sebuah istana terbesar dan terindah yang tersisa dari peninggalan Dinasti Joseon. Istana ini dibangun pada tahun 1395. Nah, karena istana ini luas sekali, jadi banyak pengunjung yang datang kesini sudah menggunakan hanbok. Di pintu Heungnyemun, kita juga bisa mengunjungi The National Palace Museum of Korea, dan National Folk Museum di bagian timur Istana.

Istana Gyeongbokgung

Sangat disayangkan, saat berjalan di Istana Gyeongbokgung ini saya tiba-tiba pusing dan mata gelap. Liat jam tangan, ternyata sudah jam 1 siang, dan saya baru makan samgak-gimbap atau triangle gimbap, atau bahasa gampangnya lemper dikasih seaweed, di pagi hari. Sebelum pingsan dan merepotkan orang lain, saya pun memutuskan untuk keluar dan cari makan. Padahal masih mau jalan terus, tapi badan sudah teriak…

Selain kondisi badan yang kacau hari itu, sangat disayangkan juga saya tidak mampir ke istana lainnya seperti Istana Changgyeonggung dan Istana Deoksugung. Untuk yang berencana menyambangi semua istana yang ada di Seoul, ada baiknya membeli tiket terusan “Royal Palace Tour” seharga 10,000 KRW (Rp.120.000). Psssttt, tiket ini berlaku selama 3 bulan setelah pembelian, plus ga bayar lagi kalo mau masuk ke Secret Garden di Changdeokgung. Asyik kan? Hehehe.

Jadi, jangan lupa yaaa untuk masukkan wisata Istana/Sejarah ini dalam Itinerary kalian kalau mau ke Korea 😉