Body Shaming

Pernah gak sih denger “lu gendutan ya sekarang?” padahal kita udah lama banget gak ketemu orang itu? Atau ketika upload foto di Instagram, ada yang komen “gendut”. Langsung block aja sih kalo saya.

Tanpa kita sadari, kita sering melakukan body shaming sama orang-orang terdekat kita (atau bahkan diri sendiri ya?). Jadi bikin mereka gak percaya diri, rendah diri, terus akhirnya terpenjara dalam mindset yang kita bentuk itu.

Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengomentari fisik, penampilan, atau citra diri seseorang

Efek lain dari body shaming tentunya banyak sekali. Salah satunya adalah membuat orang (kita) jadi depresi dan akhirnya punya gangguan makan seperti bulimia atau anorexia. Banyak banget teman saya, yang tanpa mereka sadari, mereka jadi pilih-pilih makanan atau sedikit-sedikit ngaca dan bilang “gw gendut ya?”. Padahal gak sama sekali.

Menurut saya, orang Indonesia ini masih banyak banget yang gak begitu sadar kalo mereka melakukan body shaming. Mereka mikirnya itu bercandaan aja, padahal kata-kata yang meluncur dari mulut mereka itu lebih sering disimpan di hati dan dipikirin semalaman.

Terus kenapa orang Indonesia masih banyak yang melakukan body shaming? Kalo kata saya sih, karena kurangnya mereka memahami bahwa setiap ciptaan Tuhan itu indah. Ini salah satu contoh ya, saat saya ketemu salah seorang teman, dia langsung bilang “kok lo gendut banget sih sekarang? keliatan gak bagus deh lo”, padahal bertahun lalu, saya inget dia juga pernah bilang sama saya “lo gak pantes kurus tau, na… soalnya kalo lo kurus kepala lo keliatan gede”. Saya selalu diam sih nanggepin teman ini, karena liat orang lain lewat aja dia selalu komentar.

Saat saya di Korea, ada seorang nenek di kereta yang terus memandangi saya, lalu dia bilang ke saya “yeppeo!”, yang artinya “cantik!”. Lalu nenek ini mengacungkan jempol ke saya. Beda lagi ketika saya umroh, seorang perempuan Mesir yang jauh lebih cantik dari saya tiba-tiba menghampiri saya dan bertanya dari mana saya berasal, saat saya jawab Indonesia, dia mengatakan “You are beautiful, like Egyptian!”

Dari 3 kasus tersebut, saya merasa kalau semua ciptaan Tuhan itu cantik! Bedanya, peranan media (TV, iklan, etc) sangat besar dalam menciptakan mindset apa itu cantik, sehingga tanpa kita sadari jika ada yang di bawah standard ‘media’, kita langsung judge mereka tidak cantik.

source: Hipwee

But after all, saya rasa body shaming gak terjadi di Indonesia aja, tapi di seluruh dunia. Hal terpenting untuk menghindari jadi body shamer atau korban body shaming adalah kita harus menyadari bahwa diri kita ini cantik, semua ciptaan Tuhan itu indah, dan menjadi diri sendiri itu lebih baik dari apapun. Selain itu, memilih teman yang punya ‘gelombang’ yang sama dengan kita juga tentunya menambah nilai lebih kan? 🙂

Mari cintai tubuh kita sendiri ❤

 

Advertisements

6 thoughts on “Body Shaming

  1. Klo kita mencintai tubuh kita sendiri, nggak akan kekurangan rasa PD. Krn kekurangan PD itu yg bs nyebabkan orang bodyshaming-in orang lain. Misery loves company. Jd nggak mau klo merasa rendah diri sendirian; kudu nyari temen lain yg sesama rendah diri. #IMO

    1. iya mbaaa, intinya kita harus cinta tubuh sendiri dulu ya. dan yups, nyari temen lain yg bisa jadi temen merendah diri 😦 sad but true.

  2. Aku sering dikomen “gemukan ya Non” skr kalau ada yg komen gitu aku jawab “ih koq sama yaaa gemukan juga kamu” hahahaha.

    Yg komen gemukan itu biasany udh males aku temenin. Kan dia gak tau misalnya satu org beratnya naik mungkin karena lagi pengobatan, ada masalah hormonal atau apaan. Jadi nyebelin kalau komen gemukan yaaa. Ughhhh langsung musuhin hahahaa

    1. sama mbak… apalagi bulan puasa gini kan ya, ketemu buka bareng malah komennya “gemuk ya nin?” aku balesnya “eh kamu juga ya?”. mulai ga baper sih digituin, soalnya mikir mereka pasti gak tau apa yg terjadi sama hidup kita sampe kita bisa gemukan yaaa… huhuhu. musuhin aja… >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s