KBeauty Cruelty Free

Drama banget lah para perempuan dimana aja kalo udah ngomongin skin care. Termasuk saya yang ngakunya gak peduli sama bentuk muka kaya gimana, tapi ada jerawat satu aja ributnya minta ampun. Hihi.

Drama skin care saya berawal dari concern saya sama produk kosmetik dan skincare yang free animal testing, maka saya jadi rajin googling kan brand brand apa aja yang mendukung campaign tersebut. Mungkin kita semua udah tau ya, ada The Body Shop yang bener-bener menjanjikan bahwa mereka ini free animal testing dan semua bahan yang mereka gunakan itu alami. Saya udah jadi penggemar TBS dari jaman SMP kayanya deh, tapi masih sebatas sabun mandi, minyak wangi, dan lipbalm saat itu. Dua tahun yang lalu saya mulai pakai TBS Tea Tree Facial Wash untuk cuci muka, dan hasilnya pun sungguh menyenangkan. Karena hasil dari sabun cuci mukanya ini menurut saya OK, saya pun mulai nyobain beberapa rangkaiannya.

Waktu ke Korea Selatan kemarin, saya pikir, masa sih gak ada brand kosmetik atau skincare yang sudah mencanangkan free animal testing? Berhubung kalo kesana pasti kita akan beli kosmetik atau skincare kan ya, jadi saya memutuskan untuk research dulu sebelum berangkat.

Nah, dari riset kecil-kecilan inilah saya sebenernya menemukan beberapa fakta unik tentang skincare atau kosmetik dari Negeri Gingseng, yaitu:

  1. Pada 2016 Korea Selatan mengumumkan kalau mereka akan mulai stop animal testing. (beritanya disini)
  2. Pada tahun 2018 ini, Korea Selatan praktik animal testing untuk beauty products benar-benar sudah dilarang, dan sudah banyak perusahaan yang stop animal testing, termasuk seluruh brand dari Amore Pacific.
  3. Banyak produk kecantikan Korea yang dijual ke Cina, padahal semua produk kecantikan yang masuk ke Cina harus Animal Testing. Terus gimana???
  4. Jawabannya: untuk produk kecantikan yang dijual ke Cina tetap menggunakan animal testing, tapi yang diluar itu tidak menggunakan animal testing. (ini sih yang saya masih bingung, berarti jangan beli kbeauty products di Cina ya?)

Berikut ini beberapa list yang masuk ke Cruelty Free:

source: https://wildwoodandsage.blog/cruelty-free-kbeauty-brands/

Notes:
** leaping bunny certified
bold untuk brand yang menjual produknya di Cina, tapi tetap free animal testing untuk Korean Version-nya

Untuk produk korean beauty yang saya pakai sendiri adalah Brand Innisfree. Hmmm, ini kayanya udah jadi rahasia umum sih kalau Innisfree memang salah satu brand yang selain menggunakan bahan-bahan dari alam (gak vegan banget juga sih ini brand), ternyata mereka juga sekarang udah cruelty free… 🙂

Varian Innisfree yang saya pakai

Semoga aja yaaaa semua beauty products yang ada di dunia ini segera bebas dari animal testing… Jadi kita gak perlu was-was lagi… 🙂

Advertisements

2 thoughts on “KBeauty Cruelty Free

  1. Wah infonya bagus sekali. Aku dulu suk pake produk Etude House (tonernya cocok banget di muka) tapi begitu sadar ttg animal testing langsung kutinggal huhuhu senengnya sekarang boleh pake lagi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s