Cerita Diet

Beberapa tahun terakhir ini, saya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Sebel sih ya, tapi kan mau gimana lagi. Terapi hormon dan stress berat jadi salah satu alasan kenapa timbangan gesernya ke kanan terus. Puncaknya ketika saya sadar kalo saya naik sekitar 25 kilo dalam 4 tahun.

Setelah lebaran kemarin, saya kaget karena selama puasa dan lebaran, ternyata saya kehilangan 3 kilo. WOA! Rasanya seneng banget. Karena kehilangan 3 kilo ini, saya jadi bertekad untuk mengubah pola hidup saya. Maka saya mulailah perjalanan diet saya di akhir bulan Juni kemarin.

Dietnya ngapain aja, nin?

Gampang gampang susah memang. Saya mempelajari yang namanya Calorie Deficit. Jadi dalam sehari dengan tinggi dan berat badan saya, saya butuh sekitar 2400 kalori, dengan minimum 1700 kalori agar organ saya masih bisa bekerja dengan baik. Untuk kehilangan 1 pound (-/+ 0.5 kilo) dalam seminggu, kita harus mengurangi 500 kalori setiap harinya. Maka batas maksimal kalori yang masuk ke tubuh saya dalam satu hari itu 2000 kalori. (klik disini untuk tau jumlah kalori yang dibutuhkan)

Sesungguhnya, saya pun gak terlalu mengikuti pola ini, terutama kalo udah banyak meeting. Hehehe. Tapi karena banyak waktu saya memang memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh saya, maka dalam waktu 4 bulan ini, secara total saya sudah kehilangan 10 kilo berat badan. *keprok-keprok*

Selain memperhatikan apa aja yang masuk ke dalam mulut saya, saya juga mulai olahraga ringan 2x seminggu. Dua bulan terakhir ini saya ikutan pilates lagi, meskipun sering bolos karena kadang saya masih meeting.

Intinya sih saya menerapkan ke kepala saya, diet itu bukan tentang pengen kurus, tapi pola hidup. Jadi saya mulai menghindari makanan yang terlalu manis, terlalu asin, terlalu berminyak. Kalo dulu setiap stress saya jajan kebab, sekarang kalo stress saya minum air putih yang banyak. Dulu kalo denger tukang mie goreng lewat tengah malam pasti di stop, sekarang pura-pura gak denger. Dulu kalo laper buka go-food, sekarang kalo laper goreng putih telor atau makan buah atau makan fit bar.

Masih 15 kiloan lagi sih ya, tapi saya mau santai aja. Toh pas naik juga dia santai kan ya… Haha. Karena sesungguhnya sesuatu yang serba instan itu tidak baik, jadi saya memang kasih batas waktu sampai Juni tahun depan untuk kehilangan 15kilo lagi. Semoga bisa terlaksana! 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Cerita Diet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s