2 Days 1 Night: BUSAN! #part1

Belum telat kan ya untuk cerita perjalanan saya ke Korea Selatan summer tahun 2018 kemarin? Hehe. Harusnya gak telat-telat banget ya, kan sebentar lagi juga bakalan Summer, siapa tau bisa jadi masukan bagi yang mau summer trip.. 😉

Jadi perjalanan solo saya ke Korea Selatan tahun lalu itu memang mendebarkan sekali. Sampe detik ini saya masih inget bagaimana excited-nya saya waktu bikin itinerary sampe pas itinerary nya udah dilaksanakan. Ibu saya setiap hari telpon nanya “gimana disana?” saking beliau itu takut saya hilang diculik. Wait, pertanyaannya, siapa yang mau culik saya yang makannya banyak ini yekan???

Nah, karena di tahun 2017 saya sudah ke Korea Selatan bersama ketiga teman saya (cerita disini), maka tentunya saat bikin itinerary saya harus memasukan tempat-tempat yang sebelumnya tidak saya kunjungi. Kira-kira kemana ya? Nah karena saya udah lama banget gak ke pantai, saat itu saya kepikiran mau ke Jeju, tapi ke Jeju ini mahal banget. Terus akhirnya pilihan saya pun jatuh ke Busan. Yeay.

Seoul – Busan

Banyak jalan menuju Busan. Salah duanya adalah naik bis dan naik kereta. Naik kereta pun pilihannya terbagi lagi jadi dua, Mugunghwa atau kereta cepat KTX. Kalau waktu kita banyak, tentunya naik bis atau kereta Mugunghwa bisa jadi pilihan, tapi buat saya yang pengen menghabiskan dua hari satu malam di Busan, tentunya dua opsi transportasi itu tidak direkomendasikan. Maka pilihan saya pun jatuh menggunakan KTX. Eh, gak mahal nin? Sebenernya mahal sih, tapi saya beli 3 days pass di KLOOK seharga kurang lebih 1,3 juta. Bisa dipakai untuk naik-turun KTX, ITX, bahkan Mugunghwa selama 3 hari ke seluruh penjuru Korea Selatan.

Pagi itu di hari Selasa, hari kelima saya ada di Korea Selatan, sekitar jam 7 pagi saya sudah cabut dari hostel saya di daerah Hyehwa langsung menuju Seoul Station. Pagi itu hujan gerimis sudah mulai membasahi Seoul. Saya udah deg-degan nih di Busan nanti bakalan hujan juga gak ya? Sesampainya di Seoul Station, saya pun menukarkan tiket saya di counter. Kebetulan dua hari sebelum keberangkatan, voucher KLOOK saya sudah cair dan bisa book kursi di kereta. Sudah dapat tiket, saya pun memutuskan untuk beli sarapan, ya sesederhana ssamgak kimbap plus susu pisang. 20 menit sebelum jadwal kereta saya, saya pun beranjak ke peron. Deg-degan nih takut ketemu zombie di kereta (kebanyakan nonton film haha).

Perjalanan Seoul Station ke Busan Station memakan waktu kurang lebih 2 jam 15 menit, dengan jarak tempuh 325km. Itu kira-kira dari Jakarta kemana ya? Jangan ditanya soal kebersihan dan kenyamanan, karena ini sama nyamannya kaya bersandar di dada seseorang (apalah~). Saking nyamannya, selama 2 jam lebih perjalanan itu saya gak merasa goncangan atau apapun. Hehe. Skip, begitu sampe Busan, saya tentunya langsung membuka itinerary saya donk! Yuk cabut naik subway di Busan yang….. agak beda nih dari subway di Seoul.

Gamcheon Culture Village

Setelah sampai di Busan Station, saya pun melanjutkan perjalan menggunakan Busan Subway Line 1. Nah ini gak enaknya di Korea Selatan, kita harus download Naver Map karena Google Map gabisa digunakan disana. Enaknya, dengan Naver Map ini, mereka bisa kasih mereka masukan turun di stasiun apa, lanjut naik apa, etc, dan ini lebih detil dari Google Map. Yay!

Saya pun turun di Goejeong station dan melanjutkan dengan bis kecil dengan nomer Sakha 1 atau Sakha 1-1. FYI, saat saya bingung nunggu bis ini, ada ibu-ibu baik hati yang nyuruh anaknya yang masih SMA untuk nanya saya mau kemana. Disinilah saya merasa ambience Busan ini lebih friendly banget. Turun dari bis Sakha 1 ini, saya langsung disambut gapura (GAPURA???) gede bertuliskan “Gamcheon Culture Village”. Langsung pakai kacamata dan oles-oles sunblock lagi. Selain itu, saya pun membeli peta Gamcheon Culture Village ini seharga 2000 KRW, kenapa kok beli??? Ya ini buat bantu pariwisata mereka juga loh. Hehe. Dan sssttt, inget ya karena ini masih daerah perumahan warga, jadi tetep gak boleh berisik… 😉

2 Days 1 Night: BUSAN! Gamcheon Culture Village
2 Days 1 Night: BUSAN! Gamcheon Culture Village
2 Days 1 Night: BUSAN! Gamcheon Culture Village

Taejongdae Park

Setelah panas-panasan di Gamcheon, saya pun melanjutkan perjalanan saya menuju Taejongdae Park. Okay, kali ini saya agak sedikit lupa saya naik apa aja untuk menuju Taejongdae (the power of download Naver), tapi saya ingat kalo saya naik bis lagi setelah naik Busan subway, dan turun benar-benar di ujung, di dekat pintu masuk Taejongdae Park. Turun dari bis, saya masih harus berjalan kaki dan agak nanjak sedikit. FYI, tidak ada bayar tiket masuk untuk ke Taejongdae Park ini, tapi disediakan bis jalan-jalan untuk muterin Taejongdae, dan bayar sekitar 3000 KRW atau sekitar IDR 39.000.

2 Days 1 Night: BUSAN! Taejongdae Park
2 Days 1 Night: BUSAN! Taejongdae Park
2 Days 1 Night: BUSAN! Taejongdae Park

Haeundae Beach

Puas duduk-duduk sambil menikmati angin sepoi-sepoi di Taejongdae Park, saya pun melanjutkan perjalanan saya menuju Haeundae Beach. Kebetulan saya sudah booking penginapan di Haeundae Guest House malam itu. Deg-degan nih karena ini pertama kali saya tinggal di dormitory room sendirian (biasanya sama temen). Setelah perjalanan kurang lebih satu jam dari Taejongdae Park, saya pun sampai di Haeundae Guest House, yang ternyata dekeeeettt banget ke Haeundae Beach. Saya check in dan terkesima karena ternyata saya sendirian di dormitory room yang harusnya isi 4 orang itu. YEAY! Setelah check in dan mandi, saya pun memutuskan makan di sebuah restoran India deket guest house dan jalan-jalan menikmati Haeundae Beach sore itu. Oiya, Haeundae Beach ini pusat keramaian dan salah satu spot wajib dikunjungi ketika di Busan.

2 Days 1 Night: Busan! Guest House di Haeundae (gedung sebelah kanan, lantai 4)
2 Days 1 Night: Busan! Haeundae Beach
2 Days 1 Night: Busan! Haeundae Beach
2 Days 1 Night: Busan! Haeundae Beach

Puas menikmati Haeundae Beach, saya pun berjalan pulang ke Guest House, terus seperti biasa mampir ke Starbuck dan beli tumbler kota Busan sambil menikmati Avocado Frappe yang enak banget. Malam itu saya tidur membayangkan perjalanan hari kedua di Busan besok.

 

(to be continued….)


2 thoughts on “2 Days 1 Night: BUSAN! #part1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s