Makanan Halal di Korea Selatan

Salah satu hal yang selalu menjadi concern saya ketika berpergian ke negara non-muslim adalah bagaimana mencari makanan Halal. Meskipun saya termasuk orang yang menerima “yellow food”, tapi saya tetap mengutamakan mencari makanan dengan label halal atau yang di rekomendasikan oleh lembaga halal setempat.

Oiya, saya selalu mengategorikan makanan dengan “green” yang artinya benar-benar halal, “yellow” yang artinya kita memilih menu hanya yang diperbolehkan meskipun ada babi atau alkohol disana, dan “red” yang artinya memang benar-benar resto tersebut hanya menyediakan menu tidak halal.

Saat solo traveling ke Korea Selatan tahun lalu, saya pun melakukan beberapa riset mengenai resto halal di Seoul dan Busan. Berikut saya tulis ya beberapa resto yang sempat saya datangi saat disana 🙂

1. EID – 이드 Halal Korean Food

Jika kita pergi ke daerah Itaewon, maka kita akan menemukan banyaaakkk sekali restoran yang menjual makanan halal. Kebetulan saat saya mampir ke Central Mosque di Itaewon, saya keingetan ada salah satu resto halal yang di rekomendasikan teman saya, maka setelah sholat Ashar saya pun meluncur ke EID yang berjarak kurang lebih 100m dari mesjid.

Di EID Halal Korean Food, kita bisa menemukan makanan khas korea dengan status halal. Sore itu, saya memutuskan memesan nasi dengan daging bulgogi. Salah satu kelebihan dari resto ini adalah kita bisa minta refill lagi banchan (side dish). Saat saya datang kesana, yang masak di resto ini adalah seorang Ahjussi Korea, dibantu dengan 2 anak muda dari Malaysia yang fasih berbahasa Korea. Jika saya kembali ke Korea Selatan suatu hari nanti, tentunya saya akan balik lagi kesini 🙂

EID – Halal Korean Food

Halal Status: Halal Certified (by Korea Muslim Federation), Mosque nearby
Opening Hours: Tuesday to Sunday – 11.30am to 9.00pm. Closed on Monday
Address: 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

2. Busan Jib Restaurant

Abis capek belanja di Myeongdong? Kelaperan? Tenang aja, di dekat Myeongdong ada restoran kecil di salah satu gangnya yang dikelola oleh beberapa Ahjumma cekatan. Busan Jib Restaurant ini memang bukan restoran bersertifikat halal, tapi mereka menjanjikan makanan bebas pork / lard, bebas alkohol, dan mereka menggunakan daging sapi yang memiliki sertifikat halal.

Kalo ke Busan Jib, silahkan coba Samgyetang-nya, atau Sundubu Jigae. Semuanya dimasak langsung di dapur yang terlihat dari tempat makan. Oiya, banchan-nya juga boleh minta refill loohhh. Oiya, saya sudah 3 kali mampir ke Busan Jib dan selalu bisa ngobrol dengan para Ahjumma disini dengan santai sambil ketawa-ketawa, karena mereka ramah sekali 🙂

Dapur di Busan Jib Restaurant
Jigae – Busan Jib Restaurant
Samgyetang – Busan Jib Restaurant

Halal Status: Halal meat available and restaurant is pork-free
Opening Hours: 11am to 10pm daily
Address: 11-4 Myeongdong 8-gil, Myeongdong 2(i)-ga, Jung-gu, 서울특별시 South Korea

3. Osegyehyang Vegetarian Restaurant

Terletak di Insadong yang terkenal dengan atmosfer tradisional-nya, ada sebuah restoran vegetarian yang nyempil di salah satu gang-nya. Meksipun lagi-lagi resto ini tidak memiliki sertifikat halal, tapi resto ini benar-benar menyediakan makanan vegetarian dan juga tidak menyediakan alkohol.

Tahun lalu saat saya solo traveling kesana, resto ini adalah salah satu resto favorit saya buat makan siang, karena letaknya yang cukup naik bis sekali dari daerah Hyehwa. Jadi hampir semua menunya udah pernah saya coba. Enak banget, dengan harga yang cukup terjangkau untuk kategori makanan green ya 🙂

Osegyehyang Vegertarian Restaurant
Osegyehyang Vegetarian Restaurant
Jjangmyeon – Osegyehyang Vegetarian Restaurant
Jigae – Osegyehyang Vegetarian Restaurant

Halal Status: Vegetarian option available / Not Halal Certificated
Opening Hours: 11.30am – 9pm (Mon – Fri), 11.30am – 4pm, 5pm – 9pm (Sat – Sun)
Address: 14-5, Insadong 12-gil, Jongno-gu, Seoul

4. Asian Family Restaurant – Nami Island

Gak usah bingung kalo ke Nami Island di jam makan, karena kita bisa dengan mudah menemukan beberapa restoran halal yang di rekomendasikan (bahkan masuk ke brosur peta-nya Nami). Salah satunya adalah Asian Family Restaurant. Asyiknya, sesuai namanya Asian Family Restaurant, maka resto ini menyediakan banyak sekali jenis makanan halal dari seluruh penjuru Asia. Nyumm. Meskipun agak sedikit pricey buat saya, tapi marilah kita anggap ini daerah wisata ya. Hehehe.

Seafood Ramyeon – Asian Family Restaurant

Halal Status: Halal Certified (by Korea Muslim Federation), Prayer facilities in establishment
Opening Hours: Monday to Friday and winter season – 10am to 7pm, Saturday and Sunday during non-winter seasons – 10am to 8pm
Address: 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chun-cheon-si, Gang-won-do

5. Hello India Al Waha – Busan

Terletak di selatan semenanjung Korea, Busan menjadi salah satu tujuan saya ketika solo travelling tahun lalu. Tapi rupanya, setelah saya sampai di Busan, saya cukup kesulitan mencari makanan yang benar-benar halal. Sampai akhirnya di sore hari yang cerah sebelum saya menghabiskan sore di Haeundae Beach, saya menemukan resto Hello India Al Waha ini, yang ternyata di depan guest house saya persis. Hehe. Meskipun tidak memiliki sertifikat halal, tapi pemilik menjamin bahwa seluruh bahan pangannya halal dan di masak dengan cara halal juga. Jadi boleh dicoba ya 🙂

Hello India Al Waha

Halal status: Uses halal ingredients (please note that alcoholic beverages are served, we recommend you to dine at your own discretion)
Operating hours:
 11am – 11pm
Address: 542-32 U-dong, Haeundae Beach, Busan.

6. Samarkand Uzbekistan Restaurant – Busan

Lagi-lagi karena kesulitan mencari makanan tradisional yang halal di Busan, saya harus nyasar di Samarkand resto, yang menyediakan makanan khas Uzbekistan (cerita Busan saya disini). Amazingnya, gak ada satupun tulisan di Menu yang saya mengerti. Jadi saya cuma tunjuk “what is this?” dan Bapak penjualnya akan jawab “chicken” atau “beefu”. Hehe.

Berlokasi di daerah Chinatown dekat dengan Busan Station, saya bilang sih Samarkand ini layak untuk dicoba. Jangan lupa untuk nyobain fresh salad atau Russian Dessert Cake sebagai makanan penutup. Yumm.

Samarkand Restaurant

Halal status: Muslim-owned
Operating hours:
 10 am – 10pm
Address: 363-2 Choryang 2 dong, Dong-gu, Busan


2 thoughts on “Makanan Halal di Korea Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s